Resep Cumi Goreng Crispy


Siapa yang suka makan cumi crispy? *ngacung*. Saya suka cumi yang digoreng crispy. Nggak hanya cumi-cumi saja sih yang bisa digoreng crispy. Karena kini sudah banyak sekali bahan dasar yang bisa dijadikan makanan goreng crispy. Seperti ayam, jeroan, tempe, tahun, jamur, cumi, sampai singkong pun bisa!.

Jadi ceritanya kemaren saya dan keluarga makan-makan di Rumah Makan Podo Moro Pantai Widuri Pemalang. Makan di sana dalam rangka diundang acara Tasyakuran sahabat Bapak yang baru saja beli mobil baru. Mobilnya dari Toyota, Rush terbaru, warnanya putih. *cleguk* jadi pengen mobil kaya gitu. Hihihi.. *amiiiin* 

Nah, di sana. Hampir semua orang memesan cumi goreng crispy. Rupanya pamor ayam goreng kalah dengan cumi. Hihihi.

Singkatnya setelah selesai makan, kami pun pulang. Ini sih, kebiasaan banget yak. Hehehe. Eh Tapi nggak langsung pulang, ding. Tepatnya mampir dulu ke TPA (Tempat Pelelangan Ikan) di Tanjung Sari pantai Widuri Pemalang. Kata bapak mumpung di Widuri sekalian beli gereh (read; ikan asin) buat persediaan di rumah dan blekutak (read; cumi).

“makan cumi di Podo Moro kurang puas, jadi beli cumi lagi buat dimasak di rumah”. Kata Bapak, yasudah saya manut aja. 

“Ntar kamu yang masak, ya, Fit!” tambah bapak lagi.

Saya hanya senyum sambil ngacungin jempol.


Sampai di rumah, saya istirahat sebentar. Ibu langsung nyuci cumi dan memotong-potongnya. Sebagian ditaruh di freezer. Sebagian dimasak biasa, sebagian lagi digoreng. Berhubung saya ditugasi bapak untuk masak cumi goreng crispy. Saya browsing dulu duonk, ya. Hahaha.. oke, well.. Ini dia resep dan cara masak cumi goreng crispy.


Bahan:

  • 500 gram cumi (sepiring). bersihkan dan potong sesuai selera, mau bentuk cincin atau korek api, silakan.
  • 2 buah jeruk nipis. peras airnya 1,5 sendok makan.
  • 1 butir telur ayam.
  • 1 sendok teh Merica bubuk
  • 1 sendok teh kaldu bubuk ayam
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh Jahe, haluskan atau diparut
  • 2 siung bawah putih, haluskan, atau diparut
  • Minyak goreng.
Cara Membuat Cumi Goreng Crispy
  1. Setelah cumi-cumi dipotong, rendamlah dengan air perasan jeruk nipis selama setengah jam. Diamkan dulu.
  2. Sambil menunggu, kita buat adonan lain di wadah lain. Campurkan tepung terigu, bawang putih dan kaldu ayam merica, jahe, garam. Aduk hingga merata.
  3. Lalu masukkan telur ayam ke dalam adonan, aduk kembali hingga rata. Pastikan adonannya tidak ada yang menggumpal, yes.
  4. Selanjutnya masukkan potongan cumi yang sudah direndam tadi ke dalam adonan, aduk hingga semua bagian cumi tertutup rata.
  5. Panaskan wajan di atas api sedang, lalu tuang minyak goreng yang banyak. Tunggu sampai minyaknya benar - benar panas.
  6. Goreng cumi sampai berwarna kecoklatan dan matang
  7. Angkat dan tiriskan. Sajikan cumi goreng dengan saus atau dengan sambel. Bisa juga dengan sambel mayo.
Diskusi kemaren dengan Bapak. Kalau harga satu porsi di RM Podo Moro 50.000 rupiah, mendingan beli cumi sendiri lalu goreng sendiri. Hihihi. Yaa jelas, bener banget! Lagi pula, kalau bisa masak sendiri kan itu kepuasan tersendiri. Sayangnya Noofa nggak begitu suka dengan cumi crispy. Dia lebih memilih ayam goreng crispy. Terbantahkan sudah, ayam goreng teryata sama pamornya dengan cumi goreng crispy. *okesip*

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)