header cah kesesi ayu tea

Perawatan Rambut Saat Hamil (?)



Hamil adalah salah satu anugerah terindah yang diberikan oleh Allah yang hanya diberikan kepada kaum hawa. Rezeki yang tiada tara, kenikmatan yang luar biasa. Setiap wanita yang sudah menikah, sudah pasti ingin mengalami proses kehamilan. Karena salah satu tujuan dari orang menikah adalah meneruskan keturunan. Dan hamil merupakan salah satu proses yang harus dijalani oleh seorang wanita untuk mendapatkan keturunan. Hamil sendiri sesungguhnya merupakan salah satu bentuk kenikmatan yang dirasakan oleh setiap wanita di mana saja, di seluruh dunia.

Dipercaya Allah untuk mengemban amanah berupa titipan di dalam rahim tentu menjadi kebahagiaan yang tak terhitung. Oleh sebab itulah menjadi kewajiban bagi ibu hamil untuk senantiasa menjaga kehamilannya dengan baik dengan penuh kasih sayang.

Menjadi ibu hamil juga tak selamanya harus berdiam diri di rumah saja. Jenuh pastinya yang dirasakan oleh ibu hamil ketika hanya bisa berdiam diri di rumah. Ada baiknya ia menikmati kehamilannya di luar rumah, jalan-jalan ke mall mungkin, renang, atau perawatan ke Salon.

Ngomong-ngomong Perawatan di salon. Sebenarnya, boleh nggak sih, Ibu hamil melakukan perawatan rambut? Bagi wanita yang sebelum masa kehamilannya kerap melakukan perawatan rambut, kemudian saat hamil dia ragu untuk melakukan perawatan rambut di salon, sebaiknya jangan ragu-ragu untuk mencari informasi, konsultasi dengan ahli, atau dokter kecantikan.


Saya juga penasaran, Ibu hamil itu boleh nggak sih creambath? Mewarnai rambut? Catok? Dan lain sebagainya. Saya penasaran karena adik saya sering sekali melakukan perawatan rambut di salon. Kalau saya, sih, nggak sering. Palingan creambath saja, karena rambut saya pendek, waktu saya hamil Noofa juga nggak pernah ke salon. Lhaa wong memotong rambut saja nggak boleh sama simbah saya, katanya mitos. Hihihi.

Hasil browsing saya mendarat cantik di website ibu dan balita dot com. Beberapa rasa penasaran saya juga terjawab di postingan yang ditulis dari beberapa referensi, salah satunya dari Bunda Eko Ariyanti.

Berikut pemaparannya yang saya rangkum dari postingan tersebut.

Pewarnaan Rambut

Dulu, sebelum menikah saya pernah mewarnai rambut. Teryata mewarnai rambut saat sedang hamil sebaiknya dihentikan. Hal tersebut dikarenakan zat-zat kimia yang terkandung di dalam bahan pewarna rambut dapat berbahaya yaitu berisiko terserap oleh kulit kepala, kemudian dapat masuk ke aliran darah, dan mungkin akan berakibat kurang baik bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Oleh sebab itulah bagi para wanita yang suka mewarnai rambut hendaknya ketika sedang hamil dihentikan untuk sementara kebiasaan tersebut demi kesehatan janin.

Creambath

Ah, saya juga suka creambath. Perawatan rambut yang satu ini memang selalu sukses mengembalikan suasana hati para wanita. Saat hamil, si ibu hamil tetap boleh melakukan creambath. Namun, yang harus diperhatikan, mintalah produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan alami kepada petugas salon. Produk bahan alami ini bebas dari zat kimia, produk creambath yang alami juga dapat membantu menjaga rambut dari kerusakan. Saat pemijatan, sang ibu hamil ini bisa meminta kepada sang kapster untuk melakukan pemijatan hanya di bagian pundak dan kepala untuk menghindari risiko yang dapat membahayakan janin.

Perawatan rambut sendiri di Rumah

Untuk perawatan rambut sehari-hari, produk seperti sampo, conditioner, hair spray, ataupun penggunaan curling-iron dan hair-dryer tetap aman bagi Ibu hamil. Namun yang perlu diperhatikan, hindari penggunaan sampo anti ketombe yang biasanya memiliki kandungan zat kimia lebih keras (titanium dioxide dan zinc oxide) dibanding varian sampo lainnya. 

Ibu hamil juga biasanya akan memilih wangi harum sampoo sesuai dengan keinginannya. Karena ada juga harum sampoo yang malah menjadi pemicu mual dan pusing saat hamil meskipun sampoo itu biasa digunakan sebelum ia hamil. 

Bagaimana? Hamil menjadi tetap membahagiakan, bukan? Yang penting kita mengetahui apa yang seharusnya kita lakukan. Perawatan rambut boleh, tetapi pilih perawatan yang tidak membahayakan janin di dalam kandungan. Kesehatan wanita hamil sangat amat perlu diperhatikan. Melakukan perawatan rambut di salon juga merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan wanita hamil.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment