header cah kesesi ayu tea

Musim Hujan, Harga Jual Rumah Jakarta Turun

Musim hujan di Indonesia biasanya terjadi di penghujung tahun lalu berlanjut di bulan awal tahun. Musim hujan di penghujung tersebut merupakan anugerah yang luar biasa karena pada umumnya tanah di Indonesia kembali subur dan tumbuhnya pepohonan yang membuat udara menjadi segar. Namun, kejadian sebaliknya yang justru dialami oleh daerah ibukota. Ketika hujan turun dengan derasnya, warga ibukota justru harus waspada akan datangnya hujan karena biasanya dibarengi oleh datangnya banjir pula. Daerah-daerah rawan banjir di Jakarta pun sudah menjadi langganan tiap tahunnya dan hal ini berdampak pada beberapa segi, yang secara khusus adalah pada harga rumah dijual di sekitaran itu. Rumah yang jelas terkena banjir musiman setiap tahunnya di Ibukota sudah pasti tidak laku dijual. Sekalipun laku dijual pasti harganya jauh lebih murah. Hal ini yang menjadi dilemma bagi sebagian besar orang disana karena kalaupun mereka menjual rumahnya, maka hasilnya tidak akan cukup untuk membeli rumah di daerah yang tidak banjir sehinggga mau tidak mau mereka harus bertahan setiap tahunnya untuk menyambut datangnya banjir langganan tersebut.


gambar milik urbanindo

Kualitas daerah yang buruk membuat harga jual rumah sebagian besar di Jakarta menurun. Karena bertambahnya daerah langganan banjir di Jakarta pun membuat generalisasi seakan Jakarta total kebanjiran. Ditambah dengan informasi media tentang jalan protokol yang juga terkena banjir sehingga memunculkan pernyataan jika di jalan protokol saja sudah banjir, apalagi daerah kampung di Jakarta sudah pasti terkena banjir pula. Musim hujan ini membuat pasar property di Jakarta seketika melemah karena generalisasi yang tercipta itu membuat semua harga jual rumah di Jakarta menurun dan ini bagi sebagian orang justru menjadi peluang karena mereka bisa membeli rumah di Jakarta dengan harga yang murah. Jadi, fenomenanya terbalik. Bukan lagi gencarnya para penjual di Jakarta, akan tetapi di musim hujan justru yang lebih gencar adalah si pembeli rumah tersebut. Dengan iming iming harga murah dan bisa dijual mahal ketika musim kemarau datang.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment