Tokopedia Roadshow 2015 Kota Semarang



Assalamu’alaikum sahabat blogger semua.. apa kabar? Semoga sehat wal afiyat ya.. amiin
Saya mau sedikit mengulas tentang tokopedia roadshow 2015. Kemaren, 1 November, Semarang menjadi kota ke empat seletah Jakarta, Solo, dan Jogjakarta. Akhir pekan ini Tokopedia mendarat cantik di dua kota, yaitu Jogja dan Semarang. Sebagai blogger yang punya dua tempat domisili, saya mengusahakan untuk bisa hadir di acara roadshow yang di Semarang duonk, ya.

Memang sejak semingguan saya mantengin akun tokopedia terus, karena saya nggak pengen ketinggalan informasi mengenai roadshow ini. Secara, beberapa kali ngadain roadshow, tokopedia suukses dengan membludaknya peserta yang datang. Ya iyalah, karena acara ini GRATISSS!!! 


Jumat, dua hari sebelum hari H, saya mendapatkan email undangan sebagai konfirmasi dari panitia roadshow bahwa saya menjadi salah satu peserta talkshow perwakilan dari blogger dan media. Saya datang bersama suami dan anak saya, kebetulan saya juga mendaftarkan suami sebagai blogger juga. Karena emng dia blogger. Hehe.. mendapatkan email tersebut, wajah sendu saya berubah menjadi ceria karena udah ngebayangin bagaimana serunya acara itu. Kenapa? Karena saya tanya-tanya dengan beberapa teman blogger yang sudah lebih dulu menghadiri acara tersebut, juga membaca postingan mereka yang mengikuti acara tersebut.

Minggu pagi kami bertiga berangkat dari Ngaliyan jam 07.45 wib. Iya, padahal di Undangan acara mulai pada pukul 08.00 pagi dengan acara pertama registrasi. Perjalanan dari Ngaliyan ke Kampus Undip lumayan jauh, butuh waktu lebih dari setengah jam. Apalagi kalau sudah ketemu lampu bangjo dan macet, bisa lebih juga dari setengah jam. Benar saya, sampai di TKP, yaitu di Gedung Sudharto kampus UNDIP jam 08.30 pagi. Terlihat sudah banyak sekali motor yang diparkir di area parkir, beberapa stand orang-orang berjualan makanan ringan dan minuman. Saat saya masuk, antrian mahasiswa mengular panjang sekali.

Rupanya antrian sesuai dengan abjad. Saya tadinya mau ikut ngantri di antrian mahasiswa Undip dan orang umum. Tetapi untuk memastikan saya bertanya kepada salah satu panitia yang ada di sana, sambil bertanya saya bilang kalau saya undangan dari blogger dan media. Dan, benar saja ternyata blogger dan media sudah disediakan tempat dan pintu khusus di samping kanan gedung mewah ini.

Saya dan suami diantar oleh mas-mas panitia itu ke tempat registasi. Di tempat registrasi saya bertemu dengan mbak Uniek, mbak Lestasi, Mbak Ika dan mbak Diah. Setelah saling sapa, kami tanda tangan di daftar hadir undangan yang sudah tertera nama-nama blogger dan media. Kami semua tanda tangan dan diberi goodiebag yang isinya kaos khas tokopedia, notes dan cacatan tentang roadshow yang sudah diselenggarakan di kota-kota sebelumnya.

Setelah itu kami semua masuk ke ruangan dan duduk di tempat yang sudah disediakan oleh panitia. Kami para blogger dan media duduk di kursi baris nomor dua dan tiga dari depan. Sambil menikmati musikalisasi puisi oleh mahasiswa sastra Indonesia Universitas Diponegoro. Satu lagu tampak serius dinyanyikan, berjudul BENTO. Saya suka sekali lagi ini, nggak gengsi juga saya ikut nyanyi dan menghentakkan kaki pelan-pelan tanda menikmati lagu ini.

Setelah itu dua MC kocak membuka acara dengan semangat, yaitu mas Maulana dan mbak Sinta. Dua MC ini membuka acara dengan penuh energi. Ada yel-yel yang harus ditirukan peserta sebagai moodbooster peserta supaya tidak ngantuk. Begini yel yelnya:
Semangat PAGI... PAGI !! PAGI !! PAGI !! 

Dengan lantang dan penuh semangat semua peserta berteriak! Suara gemuruh tepuk tangan juga terdengar di ruangan itu. Ribuan peserta nampak antusias.
Acara di mulai dari pembukaan, menyanyikan lagu INDONESIA RAYA oleh semua peserta, ada yang berbeda pagi itu, saya sendiri merinding haru sampai ingin menangis saat lagu itu dinyanyikan oleh semuanya. Kami semua berdiri dan dengan khusyuk. Keren banget lah tokopedia begini. Indonesia banget!

Setelah menyanyikan lagi Indonesia raya, ada tilawatil Qur’an yang dibacakan oleh seorang hafidz Quran dari Jepara (kalau gak salah sih, hehe). Beberapa ayat dibacakan dengan khidmat dan suara yang merdu. Sungguh, talkshow tokopedia ini beda!

Baru setelah itu sambutan dari para sponsorship, ada dari Presiden R&B, dari Manager JNE, dan dari Bank Mandiri. Sambutan yang disampaikan oleh semuanya sangat menginspirasi. Si Presiden R&B yang masih sangat muda menjadi pengusaha sukses, manager JNE yang menginformasikan layanan JNE saat ini dengan puluhan armada mobil dan motor di Jawa Tengah, dan Bank Mandiri yang tanpa membuat rekening kita bisa berinvestasi. Di akhir sambutan juga diingatkan untuk bersedekan 2,5% dari harta hasil usaha kita.
Acara talkshow pun di mulai, diawali oleh moderator andal dan masih Muda, seorang mahasiswa telekomunikasi yang sangat berprestasi. Sangat bisa membawa acara dengan baik, acara hidup dan tidak membosankan.

Pemateri pertama adalah Om Dedy Dahlan, dia adalah seorang passion coach yang hobinya sharing. penulis buku best seller ini lahir dengan latar belakang keluarga dokter, semuanya dokter, “Cuma saya yang nggak mau jadi dokter” katanya. Karena memang itu bukan passion saya. Saya senang membuat konsep dan sharing, dan terbukti dengan adanya passion yang ditekuni, Om Dedy bisa menjadi sekarang. Bisa sukses bukan dengan menjadi seorang dokter, meskipun awalnya ada masalah dengan orangtuanya yang memang menginginkan dia menjadi seorang dokter. Apa sih sukses? Dengan guyon dia bilang Sukes itu berhasil, dan ketika dibalik apa itu Berhasil jawabannya adalah Sukses! Hehe..

Passion coach ini juga seorang comica, jadi nggak heran ketika dia mengisi sesi ini dengan gaya lucu seperti saat dia open mic di depan ribuan penonton. Beberapa kata yang dia kemas dengan kemasan lucu membuat peserta kompak tertawa ngakak. Materi yang disampaikan juga mengena ke pada kami para peserta. 

Kedua, adalah mbak Mustika. Waahh.. mbak Mustika ini keren banget lhooo.. seorang seller di tokopedia yang sekarang omsetnya hampir seratus juga.
“setelah saya jualan di tokopedia, semua cita-cita saya terwujud, saya bisa membeli apa saja yang saya mau” ungkap mbak Mustika

Keren kan, seorang ibu rumah tangga yang awalnya hanya berjualan offline, secara tidak sengaja mengenal tokopedia. Dan katanya mempelajari toko di tokopedia semalam suntuk, mengupload lima gambar monel dan asesoris yang ada di rumah, nggak nyangka responnya cepat karena esok harinya mbak Mustika sudah melayani pelanggan. Usahanya sekarang berjualan perhiasan monel, batuk akik sintetis dan sebagai grosir asesoris sudah menjadikan dia menjadi pengusaha sukses. Bahkan pelanggannya sudah ada yang dari manca negara. Wanita asal Jepara ini memberi quote “Ayuk mulai sekarang berusaha, lebih baik buka tutup leptop daripada buka tutup toko, semua bisa dikerjakan dari dalam rumah tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga”. Insapiratif banget kan?

Pembicara ketiga adalah COO tokopedia, Om Leon. Begitu saya memanggilnya. Beliau memaparkan sejarah awal mulanya tokopedia berdiri karena ingin membantu para customer yang pernah tertipu saat belanja online. Makanya om Leon ini membuat tokopedia dengan sistem yang sedemikian hat-hati dan sedemikian aman untuk para buyer. Modal awal kisaran 25 juta untuk membeli website dan apa lah itu namanya saya lupa. Hihihi.. lulusan ilmu komputer dan telekomunikasi ini bekerja bersama kawannya untuk membesarkan tokopedia. Bukan hal yang tak mungkin, selama berdiri, tokopedia juga pernah mempunyai hambatan, dari mulai server down, dan masalah lain yang membuat Om Leon dan kawan sempat dilanda stres. “Puncaknya April 2015 lalu, di mana semua gambar di tokopedia tidak dapat dilihat” kata Om Leon.

Namun, dengan kompak om Leon dan tim bisa membereskan masalah itu dan dapat memberikan peluang bagi mereka yang ingin berwirausaha dengan berdagang di tokopedia. Keren ya!

Acara diakhiri dengan tanya jawab dan pemberian doorprice dan hadiah pemenang live tweet. Saya nggak dapat hadiah apa-apa sih, tapi Alhamdulillah suami saya mendapatkan vocer belanja tokopedia sebesar 100.000 rupiah. Lumayan kan bisa untuk beli barang yang saat ini kami butuhkan. Oiya live tweet ini dimenangkan oleh Mbak Lestari, Selamat yaa mbak sudah dapat Smartfren 4GLTE, wuss wuuus deh kalau internetan pake itu. :D

Terima kasih tokopedia sudah mengadakan acara bergengsi seperti ini. Kapan-kapan lagi, yaa.. :D

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)