Sharing tentang Kehamilan dengan Asyiroh



Nggak terasa yaa waktu berjalan begitu cepat. Maret lalu, sahabat saya yang sudah saya anggap sebagai adik menikah, dan akhir bulan depan ditaksir sebagai hari perkiraan lahir si jabang bayi yang saat ini sedang dikandungnya.

Alhamdulillah, masa subur di hari ijab qabul dia membuatnya tak perlu menunggu lama untuk program hamil. Seperti apa yang selama ini dia inginkan di dalam curhatan dia, Asyiroh, begitu saya memanggilnya, memang ingin segera hamil setelah menikah. 

“Aku nggak pending-pendingan, Mbak. Kepengennya langsung hamil, udah pengen banget punya anak” begitu ujarnya.

Saya sebagai sahabat sekaligus orang yang dianggap kakak oleh dia hanya bisa mengamini apa yang selama ini menjadi doa dia. Alhamdulillah, bulan ini kehamilannya menuju usia delapan bulan.




Sejak tahu dia hamil. Saya malah jadi ‘cerewet’ mengingatkan dia untuk minum vitamin dan makan teratur. Bukan tanpa sebab, itu semua karena saya tahu betul Asyiroh suka malas makan alias nggak teratur makannya. Minum susu juga nggak yang doyan banget. Hihihi. Jadi, walaupun komunikasi cuma via WA atau BBM yang penting lancar. Dan berharapnya, sih, semoga memang dia bisa makan teratur, makan makanan bergizi, makan buah, minum susu, dan vitamin dari dokter. Hihihi.

Sekarang, dia lagi bahagia banget menjadi ibu hamil, pasalnya gerakan-gerakan di jabang bayi yang aktif banget di dalam perut, tendangan-tendangan mesra juga sering dilakukan oleh jabang kepada Ibunya. Duuuh, jadi pengeennn...
 
Ada beberapa pengalaman waktu saya hamil Noofa yang saya bagikan ke dia juga. Memang setiap kehamilan itu berbeda-beda, tetapi paling tidak, ada sesuatu yang bisa dijadikan pegangan untuk dia. Seperti misalnya, pada kehamilan di usia trimester pertama yang lebih sering ngerasain mual-mual, bahkan muntah. Saya bilang ke dia untuk minum jus buah. Biasanya yang sering saya minum adalah jus buah jeruk dan jambu. Dengan minum jus buah tersebut, rasa mual saya berkurang. Memang kalau makan dan bau-bau apa gitu suka sensitif, misalnya, sebelum hamil dia bau bawang merah nggak kenapa-kenapa, tetapi ketika hamil malah muntah ketika mencium bau bawang merah. Jadi, mau nggak mau kan kita harus menghindari bau bawang yang menyengat tersebut. Selain itu, paksain untuk bedrest. Kalau saya sih dulu gitu, ntar lupa sama mualnya. Hehe..

Selain minum jus dan masalah bau-bau-an. Kesiapan perubahan fisik juga saya ceritakan ke dia. Beberapa bilang wanita hamil itu cantik dan sexy. Iya, memang! Saya juga setuju. Persiapan perubahan fisik juga mengikuti sandangan yang juga perlu dipersiapkan. Membeli baju hamil, misalnya, untuk dipakai mengajar, karena ketika perut sudah besar. Baju yang biasa dipakai pasti tidak muat dipakai.

Tidak terlalu capek. Kalau yang ini juga penting. Asyiroh memutuskan untuk cuti dari kegiatan yang mengharusnya pergi jauh ke luar kota. Tetapi untuk mengajar di Pekalongan dia masih ambil. Baginya, mengajar adalah passion utama dia. Karena mangajarnya nggak setiap hari, kegiatan ini masih tetap bisa dilakukan dia. Alhamdulillah, jadi kami masih terus bertemu, ya. Hehe..

Persoalan mitos saat hamil. Terkadang ada pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan Asyiroh. Pertanyaan yang berhubungan dengan mitos saat hamil, seperti nggak boleh makan kepiting, belut, dan udang. Karena katanya nantinya susah lahirnya. Atau, nggak boleh makan buah papaya karena katanya nanti ari-arinya lengket. Atau, nggak boleh keluar rumah tanpa membawa peniti atau gunting kecil. Bagi saya semua mitos itu nggak perlu disanggah, namun tak juga terlalu dipercaya. Ambil tengah-tengahnya saja. Karena saya sendiri lebih mending berfikir secara logika dan ilmiyah, bila perlu saya tanya ke medis untuk menanyakan kebenaran tersebut.

Ada banyak yang bisa dilakukan ketika hamil. Mulai dari yang biasa dilakukan seperti ketika tidak hamil, atau amalan-amalan seperti dzikir dan doa-doa ketika hamil. Senam hamil, dan beberapa tips untuk ibu hamil. Yang penting tetap berpikir positif dan ceria. Semoga lancar sampai nanti persalinan ya, dek. Udah nggak sabar saya pengen lihat anak kamu. Doain juga biar Noofa segera punya adik. Amin.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)