header cah kesesi ayu tea

Tujuh Tips Menjaga Silaturahim Ala Blogger



Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari silaturahim, diantaranya adalah eratnya tali persahabatan atau persaudaraan, dilimpahkan rezeki, dipanjangkan umur, dikenang kebaikannya, membahagiaan orang lain dan masih banyak lagi. Semua manfaat itu bisa kita rasakan dan dapatkan dengan cara memelihara dan menjaga silaturahim dengan sesama. Memang silaturahim yang baik adalah bertemu secara langsung dengan orang tersebut, bisa ngobrol dengan leluasa, ketawa-ketiwi, nge-meal biskuit dan kue bareng, ngeteh atau ngopi, bersalaman langsung, bahkan bisa berpelukan saat datang dan berpamitan. Semua itu bisa kita lakukan kalau teman, sahabat atau saudara kita itu dekat dengan kita sehingga silaturrahim bisa terlaksana secara langsung.




Lalu bagaimana silaturrahim bisa tetap kita lakukan meskipun jarak membentang jauh? Semua itu tetap bisa kita lakukan apalagi saat ini kita hidup di zaman yang serba digital dan modern ini, menjaga silaturahim tetap bisa dilakukan melalui dunia maya. Melalui dunia maya juga komunikasi dengan saudara, teman maupun sahabat akan bisa terjaga dengan baik. Jarak yang terbentang antara kedua belah pihak tak lagi menjadi suatu penghalang untuk tetap menjaga komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi melalui lisan dapat kita lakukan melalui telpon ataupun HP. Sedangkan komunikasi lewat tulisan bisa dengan email, facebook, twitter, blog dan media sosial lainnya.

Begitu pula dengan saya, sebagai seorang blogger menjaga silaturahim itu sangat penting. Apalagi sosial media menjadi media utama mereka berinteraksi. Banyak hal yang bisa dilakukan seorang blogger untuk menjaga tali silaturahim dengan sesama blogger lain.

Pertama, menjaga komunikasi. Komunikasi itu sangat penting, masalah akan sering terjadi bila kita tidak bisa menjaga komunikasi, atau adanya salah paham biasanya diakibatkan adanya missed-comunication.

Kedua, tidak pelit informasi. Semisal, seorang blogger diundang di suatu acara. Kalau kita tahu segala macam informasi yang berhubungan dengan teknis dalam suatu acara tersebut, maka ada baiknya informasi yang didapatkan tersebut jangan disimpen sendiri dalam hati, Share ke teman blogger lain yang membutuhkan hal itu sebagai sarana untuk menjaga tali pertemanan dan persahabatan.  

Ketiga, menjaga ucapan baik lisan maupun tulisan. Pernah dengar kata bijak “Lidah itu lebih tajam daripada pedang”? bersosial media itu juga ada etikanya. Sebisa mungkin kita harus menjaga ucapan kita di sosial media, apalagi kalau misal ada masalah antara personal blogger satu dengan blogger lain. Nggak baik kalau saling “mengadu jempol” di media sosial karena hal tersebut akan semakin membuat keruh suasana.

Keempat, mengikuti giveaway yang diadakan teman blogger. Ini sih kalau bisa, kalau misal ada kesempatan ikut, ada waktu luang, tema lomba blognya mudah, syaratnya gak susah, walaupun hadiahnya sederhana, maka tak ada salahnya jika kita ikut meramaikan giveway tersebut. hitung-hitung hal tersebut sebagai sarana bertukar informasi sekaligus menjaga tali silaturrahmi dengan para blogger lainnya.

Kelima, ikut berpartisipasi dalam kegiatan offline. Salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi seorang blogger adalah kopdar. Aktifitas blogger bukan hanya di dunia maya saja melainkan di dunia nyata dan sebaiknya harus seimbang. Kopdar ini adalah magnet penting seorang blogger untuk menjaga silaturahim. Seperti yang sudah saya tulis di atas, dengan bertemu langsung dengan blogger lain, kita bisa leluasa ngobrol sana-sini. Asal nggak berujung Ghibah, yaa.. :)

Ke enam, menghindari Ghibah. Wajar yaa kalau hidup bersosial itu ada yang suka dan tidak suka. Sebaik apapun manusia, pasti ada juga yang nggak suka. Namanya warna-warni kehidupan, kita nggak bisa maksa orang lain untuk suka kepada kita. Namun, saat kita tidak satu visi dan misi dengan orang tersebut, maka yang harus kita lakukan adalah menghindari ghibah atau ngomongin kejelekan seseorang dengan orang lain. Insya Allah selain terhindar dari dosa, kita juga akan banyak teman. :)

Ketujuh, blog-walking. Point ke tujuh ini penting banget ya.. kok ditulis di nomor akhir? Hehe.. Iya, karena sudah menjadi hal yang yang mainstream menurut saya bagi seorang blogger. Walaupun nggak tiap hari bertamu ke ‘rumah’ teman blogger lain, paling tidak satu kali dalam seminggu lah ya kita BW ke blog-blog lain. Biar mereka tahu kalau kita berkunjung ke sana, sebaiknya memang jangan silent reader, sematkan komentar di kolom komentar yang sudah disediakan oleh tuan rumah (sohibul blog).

Itulah beberapa tips menjaga silaturahim ala blogger dari saya, semoga bermanfaat!
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment