Ingat, Cuci Tangan yang Benar Akan Membunuh Penyebab Penyakit Diare!

Kelihatannya sepele, hanya sekedar membasuhkan air ke tangan, mungkin itu yang ada di benak semua orang ketika mendengar kalimat cuci tangan. Padahal belum tentu cuci tangan yang anda lakukan tersebut benar. Ketika ternyata cuci tangan anda masih salah, jangan berharap penyebab penyakit diare atau penyakit lainnya yang dikarenakan kuman bisa terbunuh dan tidak lagi menghantui anda. Lalu bagaimana cara cuci tangan yang benar?


Gambar pinjem dari web frutablend

Sebenarnya cara mencuci tangan yang benar tidaklah sulit. Namun hanya karena orang menyepelekan aktifitas ini maka cuci tangan untuk menghindari penyebab diare jadi terlihat susah. Berikut ini beberapa langkah yang benar dalam mencuci tangan:

1. Aliri tangan dengan air bersih,
2. Gunakan sabun anti bakteri dan gosokkan dengan merata ke seluruh bagian tangan, termasuk jari-jari tangan mulai kelingking sampai ibu jari termasuk sela-sela jari, ujung kuku sampai punggung tangan. Gosok-gosok paling tidak sampai 2 menit,
3. Aliri lagi dengan air bersih,
4. Keringkan dengan tisu, dan ketika harus mematikan keran gunakan tisu sebagai pelapis tangan anda.

Ada alasan mengapa anda harus menggunakan air mengalir dan sabun. Jika tidak menggunakan air yang mengalir, maka kuman akan tetap berada di tempat anda mencuci tangan. Begitu juga jika tidak menggunakan sabun anti bakteri, maka kuman juga tidak akan mati. Bahkan sabun anti bakteri pun juga membutuhkan waktu untuk mati. Makanya agar penyebab penyakit diare benar-benar hilang, paling tidak butuh cuci tangan selama 2 menit tadi.

Sumber: http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/lindungi-si-kecil-dari-disentri

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)