header cah kesesi ayu tea

Berkah Ngeblog


Beberapa waktu yang lalu ada salah satu mahasiswa saya bertanya begini:

Mom, apa sih enaknya jadi blogger? Memangnya bisa dapat apa saja dari kegiatan ngeblog?”

Well, saya memang belum menjadi seorang blogger “hebat” seperti blogger-blogger lainnya, tapi tak mengapa bila saya sedikit berbagi dengannya tentang enaknya menjadi seorang blogger. Saya juga tak ketinggalan sedikit berbagi tentang berkah ngeblog dan apa saja yang telah saya dapatkan dari kegiatan blogging ini.



Pertama, punya banyak teman. Menjadi seorang blogger yang aktif di komunitas sudah pasti akan sering menjalin silaturahim dengan banyak teman sesama blogger. Yang menjadi special dari seorang blogger adalah adanya persahabatan nyata dan harmonis meskipun dunia maya yang menjadi perantara utama para blogger untuk saling kenal. “nyata” yang dimaksud di sini adalah silaturahim yang terjalin biasanya akan terus berlanjut menjadi persahabatan bahkan persaudaraan. Pengalaman yang saya alami sendiri dengan ngeblog adalah saya bisa kenal dengan seseorang teman blogger yang kini telah menjadi patner dalam membangun bisnis jualan online. Modalnya adalah saling percaya meskipun dunia maya tempat bertemunya kami berdua.

Kedua, banyak ilmu. Kalau ini sih, enaknya ngeblog dan blog-walking. Dengan kita ngeblog, kemudian berkunjung ke “rumah” atau blog yang dimiliki teman-teman blogger, lalu kita membaca apa yang mereka tulis, baik informasi maupun semi curhatan, dari sanalah akan  ada banyak ilmu yang bisa kita ambil manfaatnya. Selain ilmu pengetahuan, biasanya juga ada berbagai tips yang dibagikan oleh teman blogger lain, mulai dari urusan rumah, dapur, sampai urusan di luar rumah dan semuanya GRATIS.

Ketiga, dapat hadiah. Hahahahaha. Kalau yang ini sih, kalau ada yang mau ngasih hadiah. Wew. Enggak ding, maksudnya gini, kalau di dunia perbloggingan kan banyak tuh lomba blog yang diadain oleh temen blogger atau website besar. Nah, sebagai blogger, kalau ada kesempatan untuk mengikuti lomba ini yaa ikut saja. Kalau beruntung dan menang, maka rezeki nggak akan ke mana, ya kan?

Ke empat, dapat produk. Salah satu yang bisa dikerjakan oleh seorang blogger adalah mereview produk, mengulas suatu produk dengan jujur di blog. Ini biasa disebut sebagai job review. Di mana biasanya brand akan mengirimkan produk dulu ke alamat kita, setelah sudah diterima, kita mereviewnya sesuai dengan apa yang kita rasakan. Based on experience. Entah itu jamu, susu, pakaian, atau produk lainnya. Hmm.. bisa juga disebut endorsement.

Ke lima, dapat penghasilan. Sudah tahu duonk sekarang banyak orang kaya karena ngeblog? Iya, menjadi kaya dari kegiatan ngeblog memang bukan hal yang mustahil. Sebagai seorang istri, dengan adanya penghasilan dari kegiatan ngeblog tentu bisa membantu perekonomian keluarga. Paling tidak, saya bisa membeli baju dan make up pake uang sendiri tanpa harus nunggu tanggal muda atau nunggu jatah bulanan dari suami. Hihihi.

Ke enam, bisa menambah modal untuk bisnis online. Sudah lebih dari dua tahun saya jualan online. Dengan adanya penghasilan yang saya dapatkan, saya kumpulkan dan kemudian saya gunakan untuk menambah modal bisnis jualan baju muslimah saya yang selama ini saya jalani. Harapannya saya bisa membesarkan bisnis kecil-kecilan ini. Amin ya Allah.

ke Tujuh, Ketemu Artis. Hehe.. Kalau menurut saya untuk ini adalah bonus ya, karena bertemu dan enggaknya saya dengan artis itu kalau ada event dan blogger diundang datang ke media gatheringnya. Pokoknya sesuatu *_____*

Itulah beberapa berkah ngeblog yang saya dapatkan selama saya berkecimpung dalam kegiatan ngeblog. Kuncinya yaitu tetap optimis dan positive thinking. Semoga apa yang saya jalani selama ini dapat bermanfaat di kemudian hari. Amin.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment