header cah kesesi ayu tea

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan

Ketika mengatasi radang tenggorokan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah penyebab dari radang tersebut untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Pengobatan yang sesuai dapat membantu untuk mencegah komplikasi dan agar radang tidak kambuh kembali. Penyebab radang dapat dikarenakan infeksi bakteri, alergi, iritasi, virus. Pengobatan karena infeksi bakteri dapat dilakukan dengan memberikan antibiotik sesuai resep dokter.

Tips untuk mengatasi sakit radang tenggorokan dan meringankan gejalanya yaitu:

  • Memperbanyak istirahat yaitu dengan tidur cukup dan mengurangi aktivitas fisik.
  • Jika mengalami serak, jangan berteriak dan sebaiknya mengurangi bicara.
  • Minum atau makan sesuatu yang hangat misal teh hangat atau sop.
  • Meminum banyak air untuk menghindari dehidrasi.
  • Berkumur dengan air garam untuk meringankan sakit tenggorokan.
  • Jika gejala sudah agak parah, minum obat pereda nyeri dan demam namun harus diperhatikan dosis yang dianjurkan.

Tips dan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan agar tidak kambuh kembali adalah dengan mencuci tangan dengan sabun lifebuoy sebelum makan, setelah bersin, batuk, setelah dari toilet. Hindari berbagi makanan dan minuman atau peralatan yang digunakan orang yang sedang sakit. Menggunakan masker ketika berada di lingkungan yang banyak debu atau ketika di lingkungan orang yang sedang sakit. Cara lainnya yaitu menghindari asap rokok jika Anda perokok pasif dan kurangi atau berhenti merokok bagi perokok aktif. 
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment