Langkah Utama Perawatan Bayi Usia 0 -6 Bulan

Kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga yang memang sedang dinantikan tentunya menjadi kado yang sangat indah bagi pasang suami istri. Namun terkadang kegembiraan tersebut berbaur dengan kekhawatiran. Masalahnya karena bayi yang baru lahir tampak begitu rapuh, lemah yang mana masih membutuhkan ekstra perawatan. Namun di balik itu semua terkadang seorang ibu bingung bagaimana cara merawat bayi baru lahir tersebut, apalagi bagi pasangan muda yang baru dikaruniai seorang anak.


Gambar ambil dari we

Sebenarnya jika sangat ibu sudah membekali dirinya dengan pengetahuan cara merawat bayi dengan baik, maka kekhawatiran tersebut bisa dihilangkan. Lngkah utama yang bisa dilakukan dalam perawatan bayi terutama baru lahir yaitu dengan cara memandikannya dengan rutin. Dengan memandikannya setiap hari, maka kulit bayi akan tampak bersih dan otomatis sehat. Mandi bisa menjauhkan bayi dari infeksi bakteri dan jamur yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit si kecil.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memandikan sang buah hati, yaitu;

Pertama, siapkan dulu perlengkapan yang memang dibutuhkan untuk mandi seperti bak mandi, sabun dan sahampo. Gunakanlah sabun dan shampo yang memang cocok untuk bayi.

Kedua, selain memepersiapkan perlengkapan untuk mandi, sebaiknya sebelumnya ibu sudah mempersiapkan perlengkapan setelah mandi seperti minyak telon, bedak, pakaian dsb.

Ketiga, isi bak mandi dengan air yang hangat, mandikan bayi di ruangan yang tidak dingin atau tidak berangin. Berikan mainan seperti bola-bola kecil atau bebek plastik agar mandinya lebih menyenangkan.

Keempat, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di bak mandi, karena itu sangat berbahaya.

Kelima, setelah selesai mandi langsung usah tubuh dan kepala bayi dengan menggunakan handuk lembut. Pastikan setiap sela-selanya kering seperti daerah kuping, ketiak, selangkangan dan lekukan-lekukan lainnya.

Keenam, setelah itu semua bagian tubuh bayi kering, langkah yang terakhir yaitu membalur tubuhnya dengan minyak telon agar hangat kembali dan merasa nyaman.

Kegiatan ini harus rutin dilakukan oleh ibu agar kesehatannya bisa terawat. Tentunya ibu ingin melihat sang buah hati tumbuh dengan baik dan sehat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)