Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.
Gambar pinjem dari web iinformasitips

Segala jenis sabun memang dapat digunakan untuk mencuci dan membersihkan tangan, baik sabun biasa, sabun cair maupun sabun antiseptik. Akan tetapi sabun antiseptik atau anti bakteri memang lebih sering dipromosikan kepada publik melalui gerakan 7 langkah mencuci tangan. Meskipun pada saat ini belum terdapat penelitian yang mampu membuktikan jika sabun antiseptik tertentu dapat membuat seseorang menjadi rentan terhadap organisme umum yang berasal dari alam.

Perbedaan yang mendasar antara sabun biasa dengan sabun antiseptik dalam 7 langkah cuci tangan sebenarnya terletak pada kandungan di dalamnya seperti:

1. Sabun antiseptik memiliki kandungan zat anti bakteri umum sejenis Triklosan dengan daftar panjang mengenai resistensinya terhadap sejumlah organisme penyebab penyakit tertentu.
2. Sabun biasa hanya mampu membantu membersihkan 20% kuman serta menjadikan tangan lebih harum. Sementara jika digunakan terlalu lama justru sabun biasa dalam bentuk batang dapat menyebabkan penyebaran kuman dan bakteri menjadi semakin cepat ke dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)