header cah kesesi ayu tea

Berselancar di Dunia Maya



Berbicara tentang dunia maya memang tidak akan ada habisnya, berbagai fasilitas yang ditawarkan di dalamnya membuat setiap orang akan selalu berlama-lama mengaksesnya. Salah satu fasilitas internet yang saat ini banyak digunakan oleh para netizen adalah media sosial. Media sosial bagi seseorang saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari.

Email, blog, facebook, twitter, instagram, merupakan beberapa media sosial yang banyak dimiliki oleh seseorang. Semua media sosial tersebut dimiliki oleh seseorang biasanya digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengaktulisasikan diri. Aktualisasi  tersebut dapat biasanya bisa berupa menampilkan hasil tulisan, hasil foto, kisah hidup, review tentang sesuatu dan lain sebagainya. Semua itu tak lain hanya ingin menunjukkan eksistensi seseorang pemilik media sosial tersebut.


Selain media sosial, salah satu yang bisa kita temukan saat berselancar di dunia maya adalah adanya berbagai fasilitas atau jasa online yang berguna untuk memberikan berbagai macam kemudahan bagi penggunanya. Misalnya toko online yang menyediakan berbagai jenis barang baik baru maupun bekas bisa kita temukan dengan mudah. Ada juga berita online yang memberikan informasi atau berita tentang semua hal yang terjadi di dunia ini.
gambar ambil dr google

Informasi seputar dunia hiburan juga bisa dengan mudah kita akses melalui beberapa situs yang khusus menyediakan informasi seputar hiburan. Salah satu hiburan tersebut dapat berupa film di bioskop, dengan layanan internet kita dengan mudah bisa membuka jadwal film bioskop terbaru. Bukan hanya melihat jadwal film bioskop yang akan tayang pada hari maupun jam tertentu, kita juga bisa memboking tiketnya sekaligus. Dengan kemudahan ini seseorang akan mendapatkan hiburan menonton film sesuai dengan keinginan mereka.

Bahkan berbagai informasi seputar dunia hiburan, termasuk salah satunya tentang jadwal terbaru film bioskop yang akan tayang seringkali mampir di media sosial yang kita miliki meskipun kita tidak memintanya. Semua itu tak lain karena media sosial yang kita miliki secara langsung terhubung dengan program yang ada di internet yang bisa dimasuki berbagai informasi dari pihak lain.

Memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas yang diberikan oleh internet adalah cara terbaik bagi kita untuk berselancar di dunia maya. Situs yang memuat konten-konten terlarang misalnya situs porno sebaiknya kita hindari atau tidak usah kita buka karena madharat (dampak negatif) yang ditimbulkan lebih banyak dari pada manfaatnya. Selain memang karena dilarang konten negatif yang ada dalam internet biasanya bisa membuat seseorang ketagihan untuk membukanya kembali bahkan bisa menjadikan seseorang berbuat seperti yang dia lihat.

Oleh sebab itulah kita harus lebih hati-hati dalam berselancar di dunia maya karena disamping memberikan sejuta manfaat, internet juga bisa memberikan sejuta pengaruh buruk bagi kehidupan seseorang. Semoga kita bisa menjadi pengguna internet yang baik sesuai kebutuhan kita.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment