Jenis-jenis Penyakit Menular

Penyakit menular dapat diderita karena ketidak mampuan daya tahan tubuh yang hubungan erat dengan sistem imun manusia dalam melawan berbagai macam penyakit. Salah satu contoh penyakit menular yang ada di Indonesia sebagai negara tropis yaitu demam berdarah, dimana penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang ada pada nyamuk Aedes Aegypti. Sebenarnya jika sistem imun seseorang cukup kuat, maka penyakit demam berdarah ini tidak akan dapat menyerang. Begitu halnya dengan jenis-jenis penyakit menular yang lainnya.
Gambar ambil dari google



Sama halnya seperti penyakit influenza yang menular melalui media udara bervirus yang terhirup. Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan pertahanan yang paling penting bagi tubuh untuk melawan berbagai serangan penyakit menular. Ketika sistem imun melemah, maka penyakit menjadi lebih mudah berkembang di dalam tubuh. Namun cukup banyaknya ragam jenis penyakit menular yang ada ini tentunya juga memberikan reaksi dan dampak berbeda-beda terhadap daya tahan tubuh.

Pengetahuan mengenai jenis-jenis penyakit menular serta cara pencegahan dan penanggulangan nya memang sangat perlu untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga siapapun dapat dengan tanggap mencegah meluasnya penyakit menular di lingkungannya. Seperti misalnya HIV AIDS, gonerrhea, chlamydia serta beberapa penyakit sejenisnya yang sebenarnya dapat dicegah dengan menjaga kesetiaan (tidak bergonta-ganti pasangan). Menghindari kontak dengan darah atau area tertentu ataupun air ludah dan keringat pada penderita hepatitis.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)