Dahsyatnya Ibadah Haji : Indahnya Menunaikan Ibadah Haji

RESENSI BUKU
 Judul Buku :
 Dahsyatnya Ibadah Haji 
(Catatan perjalanan ibadah di Makkah dan Madinah)
Penulis : Abdul Cholik
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : ix + 233 halaman
ISBN : 978-602-02-4810-3
Cetakan Pertama : 2014
Harga : Rp. 47.800,-
Resensator : Noorma Fitriana M. Zain






"Labbaik allaahumma labbaika, labbaika laa syariika laka labbaika, innal hamda wan-ni’mata laka wal-mulka laa syariika laka."

Artinya: “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, aku dating memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”

Umat Islam mana sih yang gak kepingin menyempurnakan rukun Islamnya, begitu juga dengan saya ingin rukun Islam yang selama ini saya jalani menjadi sempurna. Kesempurnaan tersebut tak lain adalah dengan menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam terakhir. Lalu bagaimana agar ibadah haji sebagai rukun Islam kelima bisa terlaksana dengan lancar dan penuh dengan keberkahan (?).

Meskipun belum diberikan kesempatan, dan semoga saja segera diberi kesempatan oleh Allah bisa menjalankan rukun Islam ke lima tidak salahnya jika kita (umat Islam Indonesia) belajar terlebih dahulu tentang pelaksanaan ibadah haji. Baik itu pengetahuan dan apa saja yang harus umat Islam persiapkan dan lakukan sebelum berangkat ke tanah suci, ketika pelaksanaan ibadah haji di Makkah dan Madinah maupun setelah ibadah haji selesai ditunaikan.

Lalu dari mana kita bisa belajar tentang ibadah haji? Jawabnya banyak sekali bisa langsung bertanya kepada umat Islam tetangga kita yang sudah berhaji, kepada Kyai atau ustadz guru mengaji, lewat informasi internet, maupun dengan membaca buku-buku yang bertemakan ibadah haji. Khusus untuk buku yang memuat tentang ibadah haji salah satunya yang wajib dibaca adalah buku yang berjudul  “Dahsyatnya Ibadah Haji; Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah” karya Abdul Cholik seorang blogger kelahiran Jombang Jawa Timur.

Buku tersebut berisikan kisah nyata perjalanan sang penulis bersama istrinya saat melaksanakan Haji Akbar tahun 2006 yang lalu. Karena kisah nyata maka buku tersebut berisi rangkaian dan proses yang dilalui mulai dari pendaftaran calon jamaah haji, manasik haji, pelaksanaan ibadah umrah dan haji baik yang terjadi di Makkah maupun Madinah, rekreasi pasca pelaksanaan ibada haji serta tentang kembalinya para haji ke tanah air. Boleh dibilang buku tersebut berisi tentang indahnya menunaikan ibadah haji.

Secara umum buku tersebut sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dibaca oleh umat Islam di Indonesia khususnya bagi calon-calon jamaah haji Indonesia yang akan menunaikan ibadah haji. Bahasa yang digunakan bukan bahasa yang menggurui, sangat sederhana sehingga mudah dipahami. Apalagi dalam buku tersebut juga berisikan tips-tips penting seputar pelaksanaan ibadah haji yang dilengkapi dengan foto-foto peristiwa sang penulis ketika berada di tanah Arab.


Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh buku tersebut, disamping bahasa yang digunakan sangat sederhana dan renyah, buku tersebut juga sangat detail dalam penjelasan setiap sub judulnya, tentunya tanpa meninggalkan ciri khas gaya bahasa penulisnya yaitu gaya bahasa yang nyantai tapi penuh dengan muatan pesan moral yang sangat dalam.

Mungkin yang perlu jadi catatan atau dikoreksi dan juga ditambahkan jika buku “Dahsyatnya Ibadah Haji; Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah” akan dicetak ulang adalah ketelitian dalam editing, karena ada beberapa kata yang salah tulis semisal kata:
  1.  “tingkat” ditulis “tinggal”, (hal 17)
  2. kata “mata” hanya tertulis “mat”. (hal 26)
  3. apalagi dalan thawaf, harusnya dalam. (hal 58)
Sedangkan yang bisa ditambahkan dalam buku tersebut adalah tulisan tentang pengaruhnya setelah menjalankan ibadah haji sehingga pembaca bisa meneladani sikap-sikap bagaimana nantinya seseorang yang sudah menunaikan haji ketika hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Buku “Dahsyatnya Ibadah Haji; Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah” karya Abdul Cholik bisa dijadikan sebagai buku bacaan sekaligus panduan bagi umat Islam Indonesia secara umum dan calon-calon jamaah haji Indonesia khususnya, karena memiliki banyak manfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)