Pentingnya Preventive Maintenance bagi Perusahaan


Preventive Maintenance merupakan sebuah kegiatan pemeliharaan dan pengecekan rutin peralatan perusahaan yang bertujuan untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan perangkat dan peralatan yang dimiliki oleh kantor atau perusahaan. Pemeriksaan biasanya di lakukan secara periodik dan berkesinambungan sehingga kondisi peralatan perusahaan selalu ter cek dan di ketahui kondisi.

Preventive Maintenance sangat berguna untuk operasional perusahaan karena bisa memberikan berbagai keuntungan positif untuk perusahan, beberapa keuntungan tersebut seperti :
  1. Kerugian akan waktu produksi yang akan timbul dapat di tekan 
  2. Dengan melakukan pemeriksaan rutin biaya perbaikan peralatan yang mahal bisa di tekan atau bahkan dikurangi sama sekali, karena sudah bisa di cek dan di perbaiki dari sebelumnya. 
  3. Produksi bisa berjalan lancar dan tanpa kendala karena semua peralatan bisa bekerja dengan baik dan sesuai jadwal

Pentingya Preventive Maintenance bagi Perusahaan

Banyak perusahaan yang belum memiliki kordinasi yang baik antara divisi produksi dan maintenance, divisi produksi biasanya hanya mengurus dan memikirkan bagaimana cara untuk menghasilkan produk dengan efisien dan baik dengan waktu yang rendah. Timbulnya kerusakan ini biasanya terjadi karena ketidak tahuan divisi produksi akan kondisi dan kemampuan peralatan dalam memproduksi sesuatu.

Divisi produksi biasanya cuma tahu untuk memproduksi barang dengan banyak tanpa melihat secara rutin kondisi peralatan yang sedang  memproduksi, sehingga kondisi peralatan bisa terganggu dan rusak sewaktu-waktu. Jika sudah rusak maka biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan atau mengganti peralatan yang baru akan lebih mahal dari perbaikan biasa.

Sehingga memeriksa kondisi peralatan dengan rutin dan terjadwal penting dilakukan agar kondisi peralatan terjaga dengan baik dan menekan kemungkinan biaya kerusakan yang lebih besar. Maintenance untuk peralatan ini biasanya dilakukan oleh internal perusahaan sendiri atau menyewa jasa Preventive Maintenance profesional yang bekerja dengan memperhatikan jadwal dan kualitas pemeriksaan yang baik.

Menyewa jasa Preventive Maintenance untuk perusahaan akan sangat berguna karena umumnya jasa preventive maintenance lebih mengetahui prosedur serta tata cara maintenance  dan pengalaman yang baik terhadap pengecekan peralatan secara benar dan kontinyu.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)