Faktor Penyebab Kulit Wajah Menjadi Tidak Halus

Memiliki kulit wajah yang halus dan lembut merupakan dambaan bagi setiap wanita. Hanya saja cara menghaluskan kulit wajah memang cukup sulit dan tidak bisa dilakukan secara instan, kecuali jika anda memiliki kulit wajah normal yang jarang terkena masalah kulit seperti jerawat.  Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kulit wajah yang tidak halus. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Jerawat. Jerawat adalah masalah kulit yang kerap ditemukan pada kulit wajah terutama setelah melewati masa remaja. Hal ini terjadi karena jerawat timbul akibat hormon androgen yang mulai aktif di usia 15-20 tahun. Jerawat merupakan penyebab terbesar ketidakhalusan kulit wajah karena jerawat dapat menimbulkan bekas kecokelatan dan kulit wajah yang bopeng. Menghilangkan bekas jerawat ini jauh lebih sulit dibandingkan menghilangkan jerawat sehingga mengembalikan kehalusan kulit wajah membutuhkan waktu yang lama. 
    gambar dari google
  2. Sinar matahari. Salah satu cara untuk menghaluskan kulit wajah adalah menghindari sinar matahari langsung dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Sebab radiasi sinar ultraviolet dapat membuat kulit wajah kering serta merusak jaringan kolagen dan elastin yang dapat menghaluskan serta mempertahankan elastisitas kulit. Sehingga kulit wajah menjadi terasa bersisik, pecah-pecah dan kehilangan kehalusannya.
  3. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit. Tekstur bedak yang padat tidak cocok digunakan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak karena dapat menutup pori-pori dan mengakibatkan timbulnya jerawat yang meradang. Selain itu menggunakan pembersih atau sabun muka dengan bahan yang mengandung alkohol juga dapat meningkat resiko timbulnya jerawat.
  4. Konsumsi makanan. Makanan tinggi lemak dan berminyak seperti gorengan dapat mencetus timbulnya jerawat di kulit wajah. Makanan yang manis-manis serta makanan pedas juga dapat memperparah kondisi jerawat di kulit wajah anda. Hindari makanan jenis ini jika wajah anda mudah berjerawat agar tidak menimbulkan bekas jerawat yang merusak kehalusan kulit wajah.
  5. Gaya hidup yang tidak sehat. Jika anda memiliki kebiasaan merokok, maka kulit akan mengalami penuaan dini dan cepat menimbulkan keriput. Hentikan kebiasaan merokok anda jika ingin memiliki kulit wajah yang halus dan kencang.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)