header cah kesesi ayu tea

Solusi Diareku

Assalamu'alaikum, kawand...
sehat wal afiyat, kan??
semoga saja sehat semua yaa :D
amieenn...
hmm.. aku nih yang agak kurang sehat, naahh lhoo.. siapa yang nanya?? hehehe...
sedikit curhat ya, sudah sejak 3 hari yang lalu, aku nggak enak badan, mungkin kerena kecapekan kali yaa bolak-balik Pekalongan - Semarang, nggak cuma nggak enak badannya ajah tapi tensi darah bener-bener rendah, suhu badan meningkat, pusing, mual dan yang paling nggak ngenakin adalah diare sampai akhirnya aku harus ngorbanin untuk tidak masuk kuliah :(
jiaahh.. absen, dech.. hehe.. tapi nggak apa lah, demi kesehatan, kan memang harusnya bedrest dulu sementara waktu.. :)
aku panik, karena kemaren aku pusing, mual, muntah bahkan aku bolak balik ke kamar mandi, sangat mengkhawatirkan disaat aku hamil dan mengalami hal semacam itu..
hmm.. *mencoba cari solusi,, hehe..
akhirnya tanpa malu-malu aku update status di akun facebookku, ini dia cuplikannya.. bhahaha,, cuplikan?? whatever lah apa namanya :p
dari cuplikan status and coment diatas, ada beberapa saran and solusi untukku, ada juga coment  candaan dari kakakku :D

solusi yang aku dapat dari temen facebookers diantaranya:
  • jika terserang diare, minumlah air putih yang banyak, lebih banyak dari ukuran rata-rata biasanya, yaitu lebih dari 8 gelas sehari. karena dengan banyak minum air putih cairan tubuh yang banyak keluar akan segera tergantikan dan akan terhindar dari dehidrasi.
  • selain minum air putih, ada juga yang menyarankan untuk minum teh pahit yang kental, kandungan teh pahit ini dipercaya sebagai obat diare alami dan membersihkan bakteri penyebab diare.
  • meminum madu atau bisa juga sari kurma asli, kedua minuman tersebut dapat menjadi asupan energi untuk ibu hamil agak tidak terlalu lemas.
  • makan buah-buahan seperti apel, pisang, jambu biji dan sayuran wortel, dimana makanan tersebut aman buat si Jabang bayi dan ibunya.
  • minumlah oralit, minuman yang terbuat dari campuran gula dan garam, caranya satu gelas air hangat, dicampur dengan 1 sendok teh garam dan satu sendok makan gula pasir, lalu diaduk rata. bisa juga beli oralit di apotik :D
  • 3 lembar daun jambu biji muda yang di campur garam, kalo yang ini aku masih bingung, hehehe.. mungkin caranya di cuci bersih lalu dikunyah langsung seperti orang nginang. 
  • istirahatlah, karena diare itu mungkin karena masuk angin dan kecapekan.
  • kalo kawan semua masih ragu, bingung ataupun galau, segeralah konsultasi ke Bidan atau dokter kandungan kawan :D
naahh,, kalo masalah pusingnya, bisa dengan minum paracetamol, atau minta obat ke Bidan atau dokter kandungan, inget! jangan minum sembarang obat karena bisa membahayakan janin.. Okey!

itu saja yang bisa aku share ke kawan semua, semoga bermanfaat..
jaga kesehatan, yah!
sedia payung sebelum hujan :D
lebih baik mencegah dari pada mengobati :D
NB :  solusi atau tips ini bukan hanya untuk ibu hamil ataupun menyusui, bisa juga untuk umum.. gratiiiisss !! hehehe


keep blogging and happy blogging :D


sukron, Wassalamu'alaikum...
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment