^,^ ShoLawaT Thibbil QuLuub dan MEREKA ^,^







Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

apa kabar kawan-kawan semua?
semoga sehat wal afiyat yaah.. amien..
mmm,,, amieenn.. ya Robbal alamiien dech kalo gituu :D

kawan semua pasti ada yang pusing yaa dengan Artikel2 yang saya posting dengan bahasa yang kaku dan leterlek (read: baku) itu, bhahaha :D
naahh.., kali ini saya mau curhat dan berbagi,, eiitts.. berhubung mau curhat, jadi kata "saya" mau saya ganti dengan "aku", hehee.. maksudnya sih biar lebih akrab ajah.. hehehe.. okey....!
siipp lahh.. harusnya juga bilang "OKEY" kok,, loh... kok maksa??? :p

mm.. sejak dulu, konon waktu aku masih kecil, aku (kata Ibuku) sering sakit-sakitan (loh sakit beneran apa sakit2an sigh??) bhaha.. maksudnya yaa sakit yang sering, sembuh.. terus sakit lagi.. sembuh lagi.. sakit lagi... bahaha... (expresinya pake lagunya mbah Surip, ya!) :p

xixixixii.. naahh.. setelah banyaknya ikhtiyar kemana2.. ke dokter, ke dukun, ke thabib, ke kyai, kemana2 dech pokoknya.. yang namanya penyakit itu tetep ajah ada,, kasian banget yaa aku ini..
sampe harus terapi banyak macam terapi, seperti bekam, tusuk jarum, pijat saraf, dll.
lumayan sih hasilnya......... ada sedikit perubahan,, hehee,.. lumayan yah.. dari pada nggak sama sekali :D

pernah sempet putus asa juga,, tetapi alhamdulillah banget, orang2 disekelilingku tak putus2nya memberi motivasi, hehe.. MEREKA MEMANG ORANG-ORANG HEBAT , uuupps... jangan bilang lebay lhoo!, bener lhoo mereka terus kasih aku semangat and semangat, and aku yakin banget ALLAH selalu bersamaku, ALLAH memberi ujian yang berat ini juga karena ALLAH sayang banget ma aku, dan aku harap aku menjadi orang yang beruntung yang dipilih ALLAH, amieen..
singkat cerita, ada seorang ustadz yang jenguk aku pas aku lagi terbaring di Rumah Sakit, beliau adalah Ustadz Mudhofir dari TEGAL, saat itu beliau mengambil segelas air putih, dibacakanlah olehnya "sholawat thibbil qulub", yaitu sholawat syifa' atau penyembuh..

berikut ini bunyi sholawatnya:


artinya: 
Ya Allah, berilah rahmat ke atas penghulu kami, nabi Muhammad saw, yang dengan berkat baginda, Engkau menyembuhkan hati, menjadi penawar dan menyehatkan tubuh juga memberi kesembuhan penyakit, serta mengurniakan cahaya penglihatan. Dan karuniakanlah rahmat keberkatan dan kesejahteraan keatas keluarga dan sahabat baginda Nabi saw.

beliau membacanya berkali2, katanya sih sampe 100x dibacanya, terus beliau tiupkan ke gelas yang berisi air putih tadi.. lalu airnya aku minum disisakan sedikit sekedar cukup untuk membasuh muka saja. :D
beliaupun menyuruh aku rajin baca sholawat ini setelah baca Alquran (tadarus) setiap habis sholat subuh dan habis sholat magrib.. tujuannya sih biar penyakit2 yang akan datang setiap harinya tak mau dateng lagi ke diri kita, gituu :D

beliau juga bilang kalo sholawat ini membawa arti penawar atau obat karena didalamnya mengandung tawassul kita kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. yang diumpamakan sebagai keafiatan bagi segala tubuh dan penawarnya, cahaya bagi segala mata dan sinarnya, makanan bagi segala roh dan santapannya.

penasaran aku,, hehe.. setelah sembuh.. dan aku coba cari2 tau tentang sholawat ini lebiiiihh dalaaamm lagi.. hehe.. baca dan bacaaaa.. sampe akhirnya aku sedikit tau,, sedikit soalnya gak banyak :D

diantara tambahan informasinya tentang sholawat ini adalah makna2 yang ada dari sholawat ini yang LUAR BIASA...

diantaranya: Imam ‘Arif billah Sayyidisy Syaikh Ahmad ash-Showi dalam mensyarahkan makna sholawat ini telah membuat kesimpulan antaranya:-
“Maknanya secara menyeluruh ialah bahawasanya Allah ta`ala menjadikan atas tangan baginda s.a.w. (sebab) untuk menolak kemudaratan yang zahir dan yang batin, yang berupa urusan akhirat maupun urusan dunia, sebagaimana telah dijalankan (dijadikan) atas tangan baginda (sebab bagi) berbagai manfaat. Inilah maknanya tashrif Allah bagi baginda di dunia dan di akhirat, atas batasan yang difirmankan Allah ta`ala pada hak Nabi ‘Isa a.s.: “Dan (ingatlah ketika) engkau menyembuhkan orang buta dan orang sopak dengan izinKu” (surah al-Maaidah:110), maka apa yang tsabit berlaku pada Sayyidina ‘Isa a.s., maka ianya juga (harus terjadi atau dijadikan) bagi Junjungan Nabi s.a.w. dengan berlebih lagi.”
Sholawat ini telah lama beredar dan diamalkan masyarakat Islam, bukan saja di rantau kita tetapi juga di benua-benua lain di mana ada umat yang beriman. Diamalkan bukan saja oleh masyarakat awam, tetapi juga oleh para ulama, bahkan mereka menganjurkan pembacaannya untuk obat hati dan afiat badan dan cahaya mata. Inilah antara kelebihan mengamalkan sholawat yang berkat ini menurut kata ulama kita (“ulama dan protaz mereka” akan menyesatkan bahkan mensyirikkan kita, gasak demelah). Selain memperolehi keutamaan bersholawat, kita akan dilindungi Allah dari penyakit-penyakit, sama ada penyakit hissi maupun penyakit maknawi yang lebih kronik lagi, insya-Allah wa bi idznihi demi kemuliaan Junjungan s.a.w. yang kita sebut-sebut dalam sholawat tersebut sebagai wasilah untuk tujuan itu. Renungilah tulisan Ustaz Abu ‘Ali al-Banjari Ahmad Fahmi al-Maliki dalam muqaddimah untuk terjemahannya bagi Qasidah Burdah yang berkata:
“….Ini bukanlah bererti qasidah Burdah ini yang menyembuhkan penyakit, tetapi yang dimaksudkan ialah apabila disebut-sebutkan sifat dan ketinggian akhlak Rasulullah s.a.w. maka bertambah-tambahlah rasa kecintaan kepada Baginda dan dengan berkat Baginda yang merupakan “ubat hati dan penawarnya, keafiatan badan dan kesembuhannya”, maka insya-Allah akan disembuhkan segala macam penyakit.”
Dan satu kelebihan lagi Sholawat ini ialah sebagaimana apa dikatakan oleh Tok Syaikh Wan Ahmad al-Fathani:
“Dan setengah daripadanya ini shighah (yakni shighah Sholawat Syifa`) yang amat baik, sayogia dijadikan penawar bagi segala isim dan dzikir yang panas-panas.”
naahh itu sedikit ulasan tentang makna yang terkandung didalam sholawat yang bacaannya singkat itu :D
selain sholawat itu, aku juga tidak luput untuk selalu membaca surat2 pendek jus amma, yang gampang2 ajah lah, seperti surat Al-Ikhlas, Al-falaq, dan An-naas.. yang dibaca 3x setelah sholat subuh dan magrib..
and don't forget juga untuk selalu menjaga kesehatan, istirahat yang cukup dan makan teratur,, ckckckck.. dah macam dokter ajah yang selalu bilang kaya gitu ma aku kalo pas control, hehee... yaahh itulah resiko aku sebagai orang pilihan ALLAH yang diberi kelebihan :D
selalu bersyukur juga loh tentunya.. jangan putus asa, karena orang yang putus asa itu temennya syetan, bukan temenku.. bhahaha.. yaeaalaahh :D

panjang lebar banget yaa? padahal intinya cuma gitu ajah, kalo sakit banyak2 lah baca istighfar yaa kawan... baca juga sebisanya, tapi jangan baca surat cinta yaa.. bhahaha.. :D

dan makasih banyaakk jugaa buat Aby, seorang suami yang sudahh sabaarr bangettt, walopun akunya sering banget sakit :D
makasih juga udah nganter aku kesana kemari untuk berobat dan terapi.. Aby memang sangat berharga dalam hidupku, karena setelah kedua orang tuaku, aby adalah orang yang sekarang paling dekat denganku.. makasiiih sayank :D
hehe.. insyaALLAH aku udah mulai sembuh, berkat cinta dan sayangmu :D
dan berkat amalan2 yang aku amalkan juga, banyak yang berdoa untukku juga rasanya percuma jika akunya tidak ada usaha dan berdoa :D
betuull, kan??

mm.. tak lupa aku ucapin banyak makasih buat Eksak dari Pegandon atas do'a yang selalu terpanjatkan buat aku, dulu waktu aku sakit, selalu membacakan doa2 dan sholawat, serta dzikir2 simple, and tuluuuusss bangeettz.. kamu juga baiikk banget,, gak pernah kesel saat aku mengeluh dulu, selalu ngasih support buat aku,,  makasiih yaa  :D


ME-RE-KA adalah orang2 yang sangat berharga dalam hidupku, kenapa? yaa karena mereka sudah memberi yang terbaik untukku, dengan ketulusan mereka kepadaku :D
mereka adalah orang2 hebat.. hebat banget.. aku juga dah banyak belajar dari mereka tentang arti hidup dengan penuh rasa syukur kepada ALLAH.. 

and buat kawan semua, jangan pernah menyerah.. karena ALLAH selalu bersama kita..
dekatkan diri kita dengan-Nya.. karena tanpa pertolongan-NYA pula kita tidak akan bisa apa2.. innallaha ma'anaa... 

akhirul kalam... wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh...


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway The Fairy and Me yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain".

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)