Kullu Nafsin Dzaaiqotul mauutt, kangen simbahku..

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmanirrohim.. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu...
itulah sepenggal doa untuk beliau, Simbah kakung yang Noorma sayangi.. 
mbahh... malam ini Noorma kangen, mbah..
kangeeeenn banget.. simbah di alam sana apa kabar?? semoga ALLAH selalu memberikan tempat yang paling indah untukmu yaa, mbah... bener2 gak terasa yaah ternyata Noorma gak melihat simbah lagi sudah ada delapan bulan lebih..  Noorma sangat merindukan simbah, seminggu ini Noorma bener2 ngrasa simbah deket banget sama Noorma, Noorma juga selalu inget kok mbah, kalo Noorma sebagai cucu simbah akan selalu mendoakan simbah, simbah disana baik2 yaa, mbah.. 

mbah.. maaf yaa mbah, dimasa hidup simbah, Noorma tidak bisa selalu ada di dekat simbah, tapi Noorma terus berusaha menjadi cucu yang terbaik untuk simbah..
inget kan, mbah? dulu simbah pengen Noorma sekolah + mondok di Pesantren, alhamdulillah Noorma nurut walopun Noorma cuma betah 3 tahun di sana dan Noorma melanjutkan sekolah di MAN 2 Pekalongan. terus waktu kuliah, simbah pengen cucu simbah ini tetep kuliah di Perguruan Tinggi yang backgroundnya agama, dan alhamdulillah Noorma bisa kuliah di IAIN Walisongo Semarang. semua itu karena Noorma pengen jadi cucu yang bisa terus nyenengin simbah dan tentu kedua orangtua Noorma juga :D
Noorma inget banget waktu simbah sakit, sekitar bulan Maret 2011 lalu.. Noorma jenguk simbah dan mijitin simbah, seulas senyum nyata sekali dari bibir simbah bahkan sampai sekarang masih nyata dibayangan Noorma.. simbah tanya kan ke Noorma, "koe wes wisuda, nduk?" , Noorma pun menjawab "sampun mbah,, lulus 2010 kolowingi, pandongane lan pangestunipun nggeh mbah kersane kulo saged nerasaken sekolahe Noorma ten S2".., simbahpun tersenyum lagi, beliau menganggukkan kepalanya sambil berucap "yoo putuku.. sekolah sing pinter, yo.. ojo koyo simbah sing ora tau sekolah, mugo-mugo kewarasan, ben biso terus ngejar cita-citamu, berkah ilmune, lancar rezekine, dongakne simbah ben umure panjang, simbah pengen weruh putune simbah dho dadi wong sukses, simbah yo pengen weruh lan nyakseni koe dadi nganten" Noormapun spontan meneteskan air mata, tak ada tipuan saat itu, benar-benar tulus banget.. seolah-olah itu menjadi permintaan terakhir simbah, "simbah pengen lihat aku menikah" , Noorma pengen S2 tapi juga disuruh nikah dulu? hmm.. sulit memang! tapi Noorma pengen nyenengin simbah... saat itu memang yang dominan kata-kata simbah, secara sudah "sepuh" jadi Noorma kepikiran terus...
dan kata simbah rayi (nenek), simbah kakung minta umur panjang supaya bisa menyaksikan Noorma menikah,, dan simbah memang sangat setuju dengan aby, yang saat itu adalah tunangan Noorma dan calon suami Noorma.
singkat cerita, semua permintaan simbah kakung bener2 dipermudah oleh ALLAH.. dua bulan setelah Noorma mendengar sendiri permintaan itu, Noormapun menikah pada tanggal 27 Mei 2011. Noorma menikah dengan orang yang memang diinginkan simbah. restu simbah menyertai pernikahan Noorma..
beberapa hari setelah Noorma menikah, Noormapun daftar kuliah Pascasarjana di UNNES, sehari sebelum ujian seleksi mahasiswa baru, Noorma ke rumah simbah untuk mengucapkan terima kasih sekaligus minta didoakan supaya Noorma diberi kemudahan dalam mengerjakan soal ujian dan bisa diterima di UNNES dengan nilai yang baik. simbahpun berucap penuh keyakinan kalo Noorma cucu simbah pasti diterima selagi Noorma juga belajar, optimisme dalam diri Noormapun berkobar-kobar, ucapan simbah tadi bener-bener membuat Noorma percaya diri dan semangat, NOORMA PASTI BISA !! :D
barokallah walhamdulillah.. pada pertengahan Juli 2011 lalu sebelum Noorma sholat subuh, Noorma dapet sms dari teman kalo Noorma diterima menjadi mahasiswa PPs UNNES, Noorma sangat bersyukur, apa yang Noorma inginkan saat itu benar-benar dikabulkan oleh ALLAH.. dan tentunya berkat doa tulus simbah kakung juga :D
Noorma langsung ke rumah simbah lagi untuk memberi tahu kalo Noorma diterima di UNNES.. simbah ikut seneng, dan simbah juga mendoakan Noorma selalu supaya jadi orang yang sukses.. amiiien....
beberapa hari kemudian masih dibulan yang sama, tepatnya tanggal 30 Juli 2011, sehari sebelum 1 Romadhon 1432H simbah kakung menghembuskan nafasnya yang terakhir, kesedihan yang mendalam saat itu yang Noorma rasakan, karena Noorma tidak ada disamping simbah saat-saat terakhir itu, selisih 1 menit simbah menghembuskan nafasnya, Noorma nyampe rumah, padahal Noorma dah berusaha memacu kendaraan Noorma dengan secepat-cepatnya dan sekencang-kencangnya, karena Noorma bener2 sayang simbah, pengen yang ada disamping simbah, tapi Takdir berkehendak lain,, 1 menit Noorma dateng terlambat, Noorma sentuh kaki simbah masih hangat, Noorma cium wajah simbah juga masih hangat, karena baru saja simbah pergi meninggalkan kita semua, Istri, anak2, cucu simbah, dan semua kerabat dekat yang menyayangi simbah..
saat itu Noorma bener2 berfikir, ternyata memang apa yang Noorma jalani sekarang adalah wujud dari permintaan simbah yang terakhir, rasa tenang dalam hati meskipun sedih ini teramat dalam, simbah sudah menyaksikan Noorma menikah dan mengetahui Noorma diterima kuliah S2.. bangga bisa menjalankan apa yang simbah inginkan di akhir-akhir usia simbah.. 
rasa sesal mendalam ketika Noorma tidak mengabadikan foto simbah semasa simbah masih tersenyum manis.. rasa sesal bener2 dateng ketika Noorma hanya punya foto simbah disaat simbah sudah tidak bernafas lagi.. maafin Noorma yaa mbah.. Noorma sayang simbah...
simbah.. seminggu kemaren Noorma ngadain pengajian empat bulanan kehamilan Noorma mbah, meskipun simbah sudah tidak ada ditengah2 keluarga, tapi Noorma tetep terus sayang simbah.. makasih yaa mbah, udah menjadi simbah yang baik untuk kita semua,, Noorma sangat bangga menjadi cucu simbah :D

kawand blogger... Noorma minta maaf yaa.. karena Noorma sertakan beberapa foto saat-saat terakhir simbah kakung akan dimakamkan :D
ini semua supaya kita ingat bahwa "kullu nafsin dzaaiqotul maut", kita semua pasti akan kembali pada sang Kholik.. banyaklah beramal baik selagi kita masih diberi nikmat dan kita mampu, jangan tunda waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah, bertobat kepadaNya atas segala dosa yang pernah kita lakukan..
kehilangan orang yang kita sayangi itu sangat menyedihkan, seperti Noorma yang kehilangan simbah kakung,, Noorma sekarang sudah tidak bisa mendengar nasehat simbah, ketawa simbah, tak bisa melihat senyum manis simbah, dan merasakan hangatnya kasih sayang simbah..
tapi Noorma selalu ingin menjadi cucu simbah yang terbaik dengan mendoakan simbah setiap habis sholat fardhu.. Noorma sayang simbah.. :D
terima kasih simbah... :D

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh...

NB: ini beberapa foto yang Noorma ambil, kalo foto simbahnya sengaja tidak saya upload.. untuk dokumentasi pribadi.

sesaat setelah disholati
simbah dibawa ke makam
anak dan cucu yang membawa keranda
masyarakat desa yang ikut ke makam
liang lahat simbah, peristirahatan terakhirnya
prosesi pemakaman simbah kakung


Selamat Jalan, Simbah... We Love You :D



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)